Teknik foto landscape keren

Teknik Foto Landscape 1

Coba memotret sebelum jam 10 pagi – Memotret pada pagi hari akan memberikan banyak manfaat untuk anda
Teknik foto landscape
Sumber Gambar
Mengapa pagi hari? Yap, mungkin teman-teman sudah menebak bahwa cahaya adalah alasannya. Alasan mengapa pemotretan akan lebih baik jika dilakukan saat pagi hari adalah intensitasnya yang pas (tidak terlalu terik).
Jika kita memotret pada pagi hari maka akan banyak keuntungan yang didapat selain faktor cahaya tadi, salah satunya adalah stamina, wah kok stamina? Kita tahu bahwa memotret membutuhkan energi yang banyak, bayangkan jika anda memotret landscape saat tengah hari yang terik, pastinya stamina kita akan cepat terkuras bukan hehehe 🙂 Enakan pagi-pagi selain masih sejuk, memotret pagi-pagi juga akan meningkatkan mood, sekalian olahraga hehehe.
Perlu diketahui bahwa “pagi” disini adalah waktu sebelum jam 10 karena jika sudah lebih dari jam 1o pagi cahaya matahari mulai terik hehe 🙂

Teknik Foto Landscape 2

Manfaatkan Sunrise dan Sunset – Sunset dan Sunrise adalah momen yang bagus untuk fotografi landscape
Foto Sunset dan Sunrise adalah bagian dari fotografi landscape, namun landscape tidak harus sunset/sunrise. Tapi dengan memanfaatkan kedua posisi matahari ini anda akan mendapatkan foto landscape yang menarik. Cahaya kekuning-kuningan khas matahari pada saat terbit/terbenam menjadi alasannya. Coba lihat foto dibawah ini :
Teknik foto landscape
Keren ya? Saya pribadi sangat suka dengan pemandangan saat sunrise dan sunset. Jika teman-teman tertarik untuk mengabadikan kedua posisi matahari ini, saya sudah membuat artikel yang membahas khusus tentang sunset dan sunrise.

Teknik Foto Landscape 3

Coba Gunakan Foreground – Foreground adalah latar depan alias kebalikan dari background
Teknik foto landscape
Foreground adalah bagian dari sebuah foto berupa objek yang ditempatkan paling depan sehingga mencolok dan menjadi pusat perhatian / point of interest. Anda bisa mencoba tips ini untuk meningkatkatkan daya tarik foto landscape anda. Objek yang anda gunakan sebagai Foreground bisa berupa objek yang berbeda dari objek lain dalam frame.
Meletakan objek yang dijadikan foreground bisa dimana saja, boleh di tengah ata di peurpotongan antara garis horizontal dan vertikal (kita kenal sebagai Rule of Third). Mengekspos objek di foreground akan membuat latar belakang / background menjadi “agak kabur” jadi pastikan objek yang kita jadikan foreground adalah objek paling menarik dari objek lainnya ya guys! 🙂

Teknik Foto Landscape 4

Bermain dengan garis-garis akan terasa menyenangkan loh – Temukan polanya !
Tidak jarang dalam sebuah pemandangan kita melihat garis-garis yang membentuk pola yang bagus, tarikan garis-garis ini bisa kita manfaatkan sebagai salah satu cara meningkatkan daya tarik dari foto landscape. Dimana kita bisa menemukan garis-garis dalam sebuah pemandangan?
Jawaban yang paling sederhana adalah di jalanan lurus! Anda pasti pernah melihat hal menarik di jalanan bukan? Biasanya ketika bepergian menggunakan kendaraan kita akan melihat banyak hal menarik di jalanan. Salah satunya adalah jalanan lurus yang kosong, Perhatikan foto dibawah ini :
Teknik foto landscape
Foto diatas memanfaatkan tarikan garis lurus yang tegas, mulai menyempit sampai akhirnya membentuk sebuah segitiga. Wah ternyata di jalanan saja ada “Landscape” ya? Kini giliran anda mencari dan bermain dengan garis 🙂

Teknik Foto Landscape 5

Gunakan tripod agar tidak goyang-goyang 🙂 – Menggunakan tripod adalah salah satu tips ampuh menghindari blur, khususnya saat memotret pemandangan / landscape
Teknik foto landscape
Tripod adalah sahabat bagi fotografer, kira-kira begitulah perumpamaan yang pas untuk alat dengan 3 kaki ini. Perannya yang sangat penting salah satunya untuk mengurangi guncangan pada kamera agar gambar tidak blur menjadi alasan kuat mengapa alat yang satu ini sangat dibutuhkan.
Jika anda belum memiliki tripod, jangan khawatir karena saya sudah menulis “6 Gaya Berbeda untuk Meredam Guncangan Pada Kamera” yang bisa anda praktekkan untuk menghindari guncangan pada kamera. Salah satu yang keren adalah “Machine Gun Hold“, selain keren gaya ini juga mudah dilakukan. Anda harus mencobanya ! Hehehe 🙂
Menggunakan tripod saat memotret pemandangan / landscape akan membantu kita dalam mendapatkan hasil gambar yang lembut khususnya jika anda suka memotret pergerakan cahaya / air.

Teknik Foto Landscape 6

Gunakan setting yang tepat !
Nah settingan yang tepat sangat berpengaruh pada hasil foto landscape kita, saat menulis artikel ini saya mencari settingan terbaik untuk memotret pemandangan / landscape. Dan inilah settingan terbaik untuk fotografi landscape berdasarkan situs techradar.com
  • Shutter speed / SS: 1/30
  • Aperture: f/16
  • ISO: 100
  • Ukuran lensa yang digunakan: 18 to 24mm
  • Gunakan drive mode: Single shot
  • White balance / WB: Daylight

Comments

Post a Comment